Kadin Bandung Barat Official Blog

Selamat Datang di Blog Kamar Dagang dan Industri Bandung Barat


Jumat, 05 April 2013

POTENSI BANDUNG BARAT






Kabupaten Bandung Barat mempunyai luas wilayah ± 1.305,77 km2 terdiri dari Kecamatan Lembang, Parongpong, Cisarua Cikalongwetan, Cipeundeuy, Ngamprah, Padalarang, Batujajar, Cipatat, Cihampelas, Cililin, Sindangkerta, Cipongkor, Kecamatan Gununghalu, dan Kecamatan Rongga.
Telah dijelaskan di atas, bahwa lahirnya Kabupaten Bandung Barat berbekal segudang permasalahan yang menumpuk, saling tekait, dan kompleks. Namun dengan visi dan misi pembangunan yang tepat dan dijalankan dengan baik dan benar, secara pasti dan realistis permasalahan yang ada akan memberi peluang bagi investasi usaha diberbagai bidang.
Hal tersebut dimungkinkan dapat terlaksana, karena disamping permasalahan yang ada, Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi untuk dikembangkan melalui pembangunan. Potensi yang dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan investasi di Kabupaten Bandung Barat secara umum meliputi:
Letak Geografis yang Strategis. Posisi Kabupaten Bandung Barat sangatlah strategis baik dalam bidang perekonomian, komunikasi, keamanan maupun dalam bidang lainnya.
Iklim yang Nyaman. Kabupaten Bandung Barat yang terletak pada ketinggian 110 meter sampai dengan 2.429 meter diatas permukaan laut memiliki udara sejuk pegunungan sangat berpotensi secara ekosistem dan lingkungan. Kondisi iklim tersebut menjadikan KBB menjadi ruang yang nyaman bagi semua untuk melakukan aktivitas dan bertempat tinggal.
Dukungan Infrastruktur. Kabupaten Bandung Barat berdekatan langsung dengan Kota Bandung dan Cimahi yang dapat menunjang berkembangnya beberapa aktivitas kegiatan mulai dari perdagangan, industri, dan jasa lainnya dengan dukungan fasilitas transportasi (termasuk Tol Cipularang), komunikasi, listrik, sehingga memungkinkan pertumbuhan investasi secara optimal.
Ketersediaan Sumber Daya Manusia. Walaupun sumbedaya manusia di Kabupaten Bandung Barat kebanyakan berpendidikan relatif rendah, namun SDM usia produktif yang ada, rata-rata berlatar  pendidikan setara sekolah lanjutan menengah dan atas (SMP/A), serta perguruan tinggi. Kondisi ini tentu saja merupakan peluang untuk mengembangkan investasi di bidang pendidikan. Disamping itu, dengan memanfaatkan sumberdaya manusia yang telah ada dan memiliki keterampilan, produktif, teruji dan memiliki keahlian, maka akan sangat mendukung keputusan investasi di Kabupaten Bandung Barat.
Memiliki Berbagai Sumber Daya Alam. Terkandungnya berbagai mineral dan bahan bahan galian tambang yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan mempunyai potensi untuk di eksploitasi dan diolah. Disamping itu, Kabupaten Bandung Barat memiliki potensi sumber daya alam untuk tujuan pembangunan Objek Wisata yang dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk bidang-bidang penunjannya seperti hotel, restaurant, dan sebagainya.


0 komentar:

Posting Komentar